Jumat, 15 November 2013

RPP SMK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah           : SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI
Program Keahlian    : TKJ
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : XI / GASAL
Alokasi Waktu           :2 pertemuan ( 5 x 45 menit)

Standar Kompetensi : 1.                  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,          persamaan fungsi linier dan fungsi Kuadrat
Kompetensi Dasar    : 1.1                 Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi
Indikator                    : 1.1.1              Membedakan konsep relasi dan fungsi dengan jelas.
                                      1.1.2              Menguraikan dan menunjukkan contoh jenis-jenis fungsi.
                                      1.1.3             Membuat Karakter siswa yang diharapkan  adalah Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.         Membedakan pengertian relasi dan fungsi
2.         Menentukan daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain), dan daerah hasil (range)
3.         Menguraikan jenis-jenis fungsi (injektif, surjektif, bijektif)
Ø  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, tanggung jawab.
Ø  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan, Pengambilan Resiko, Orientasi ke masa depan.
B.       Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
No.
Nilai Sikap
Definisi
Keterkaitan Nilai
1
Teliti
Cermat dalam setiap melakukan sikap dan perbuatan serta setiap pekerjaan, tidak terburu-buru, namun perlu perhitungan dan pengkajian baik-buruknya.
•Mengulang-ulang pokok bahasan yang dipelajari.
• Tidak terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaan.
2
Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru dari yang telah dimiliki.
• Mengajukan suatu pikiran baru tentang suatu pokok bahasan.
•Menerapkan hukum/teori/prinsip yang sedang dipelajari dalam aspek kehidupan masyarakat.
3
Pantang Menyerah
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
• Mengerjakan tugas dengan teliti dan rapi.
• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber.
4
Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
• Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Membaca atau mendiskusikan beberapa peristiwa alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang baru didengar.
C.      Materi Ajar
a.         Mendeskripsikan Perbedaan Konsep Relasi dan Fungsi
a)        Pengertian Relasi
Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah hubungan atau pasangan antara anggota himpunan A dengan anggota himpunan B.
b)        Relasi Antar Himpunan
Jika terdapat relasi R = {(x, y) | x  A dan y  B}, maka relasi tersebut dapat ditulis dengan menggunakan:
                                                     i.            Himpunan pasangan  berurutan
                                                   ii.            Diagram panah
                                                 iii.            Diagram Cartesius 
c)        Fungsi atau Pemetaan
Suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B disebut suatu fungsi atau pemetaan apabila setiap unsur dalam himpunan A berpasangan atau mempunyai lawan tepat satu unsur dalam himpunan B.
Notasi fungsi   f : A  B
Keterangan:    
A = daerah asal (domain)           
B = daerah lawan (kodomain)
d)       Macam-macam fungsi
Berdasarkan rumus fungsinya, fungsi dibedakan menjadi 2, yaitu :
                                                   i.  Fungsi aljabar
misal: f(x) = x2 + 2x – 5
                                                 ii.  Fungsi transenden, yang dibedakan lagi menjadi:
                                               iii.  Fungsi trigonometri        
      misal: f(x) = sin 2x + cos x
      g(x) = 3 cos x
                                               iv.  Fungsi eksponen
      misal: f(x) = 5x + 3
                                                 v.  Fungsi logaritma
      misal: f(x) = log(2x – 7) + log x
e)       Fungsi Konstan, Fungsi Tangga, dan Fungsi Modulus
                                            i.         Fungsi Konstan / Fungsi Tetap
Fungi konstan adalah jenis fungsi yang memetakan setiap anggota domain dengan tepat satu ke sebuah nilai konstanta, sehingga bentuknya : f : x ® c atau f(x) = c.
                                          ii.         Fungsi Tangga
      Fungsi tangga adalah fungsi yang domainnya merupakan bilangan real, sedangkan rangenya berupa bilangan bulat, biasa ditulis: f(x) = [x].
                                        iii.         Fungsi Modulus
Fungsi modulus adalah fungsi yang memetakan setiap bilangan real dengan nilai mutlaknya.
                             x, untuk x ³ 0
f(x) = ïxï =
                             -x, untuk x < 0
f)         Sifat-sifat Fungsi
                                            i.         Fungsi injektif
Suatu fungsi f : A  B disebut fungsi injektif atau satu-satu jika setiap a1, a2  A dan a1  a2 berlaku f(a1)  f(a2).
                                          ii.         Fungsi surjektif
Suatu fungsi f : A  B disebut fungsi surjektif atau fungsi onto jika fungsi tersebut mempunyai daerah hasil sama dengan himpunan B itu sendiri.
                                        iii.         Fungsi bijektif
      Suatu fungsi f : A  B disebut fungsi bijektif jika fungsi tersebut merupakan fungsi surjektif dan fungsi injektif.
D.      Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi , penugasan.
E.       Langkah-langkah Kegiatan
Untuk mencapai tujuan pemelajaran yang telah ditetapkan di muka, langkah-langkah pemelajaran dirancang agar dapat diselesaikan dalam 2 ( dua ) kali tatap muka
Tatap Muka ke-1 ( 2 x 45 menit = 90 menit)
No
Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya dan karakter bangsa
1
Kegiatan Awal
  • Salam pembuka dan berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri  hendaknya selaras antara imtaq dan iptek.
  • Presensi
  • Memotivasi siswa
  • Penyampaian tujuan pembelajaran dan    model evaluasi yang akan diterapkan.
  • Pre test sampel
15’
-     Disiplin
-     Kerja keras
-     ketrampilan

2
Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi
·         Siswa membaca buku modul
   
2.  Elaborasi
·         Siswa memperhatikan tentang membedakan pengertian relasi dan fungsi
·         Siswa memperhatikan tentang daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain), dan daerah hasil (range)
·         Dengan diskusi masing-masing kelompok siswa menentukan contoh relasi dan fungsi
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian relasi dan fungsi
        
3.  Konfirmasi
  • Kelompok lain menanggapi presentasi yang telah dilakukan.
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi tentang pengertian relasi dan fungsi
65’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
3
Kegiatan Akhir
·         Pos tes
·         Informasi pembelajaran selanjutnya
·         Penutup
10’


Tatap Muka ke-2 ( 2 x 45 menit = 90 menit)
No
Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya dan karakter bangsa
1
Kegiatan Awal
  • Salam pembuka dan berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri  hendaknya selaras antara imtaq dan iptek.
  • Presensi
  • Memotivasi siswa
  • Penyampaian tujuan pembelajaran dan    model evaluasi yang akan diterapkan.
  • Pre test sampel
  • Membagi kelompok diskusi
15’
-     Disiplin
-     Kerja keras
-     ketrampilan

2
Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi
·         Siswa memahami tentang macam macam fungsi dan membedakan sifat-sifat fungsi
·         Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas atau belum difahami.
   
2.  Elaborasi
·         Siswa  mendiskusikan soal-soal latihan macam-macam fungsi yang diberikan guru. 
·         Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi

3.  Konfirmasi
  • Kelompok lain menanggapi presentasi yang telah dilakukan.
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi tentang macam-macam fungsi dan sifat-sifat fungsi
65’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
3
Kegiatan Akhir
·         Pos tes
. Informasi pembelajaran selanjutnya
·         Penutup
10’


F.       Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber :
·      Modul Matematika Untuk SMK Teknik Kelas XI, CV. HaKa MJ
·      Matematika SMK Tingkat 1, Drs. Maman Abdurahman
·      Matematika untuk SMA/MA kelas X Semester 1, Ngapiningsih dan Nur Aksin.
·      Matematika SMU Kelas X, Erlangga.
Media :
            Papan Tulis, Sepidol, Penghapus
G.      Penilaian
Teknik                         : tugas individu dan kelompok.
Bentuk Instrumen       : pilihan ganda dan uraian singkat.
Soal Instrumen            :          
1.      Diketahui fungsi f(x) = x2 + 2x + 3 dengan domain {x | –3 < x < 2, x  B}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ….
a.         {–4, –3, 0, 5}
b.         {2, 3, 5, 7}
c.         {2, 3, 6, 11}
d.         {3, 5, 7, 9}
e.         {5, 7, 9, 11}
2.      Persamaan garis yang melalui titik (1, 3) dan mempunyai gradien 3 adalah ….
a. y = 3x
b. y – 3x + 11 = 0
c. 3y + x – 11 = 0
d. 3y – x – 11 = 0
e. x = 3y
3.      Diketahui f : x  3x – 2 dengan daerah asal {x | –1 < x < 3, x  R}. Tentukan daerah hasil fungsi tersebut.
4.      Tentukan persamaan sumbu simetri fungsi kuadrat y = 3x2 – 18x – 20.
5.      Diketahui fungsi permintaan D: Q = 2 – P dan fungsi penawaran S: Q = 2P – 3. Tentukan titik keseimbangan pasar.
Score Penilaian maksimum   =  100 (Setiap nomor bobot nilainya 20)
Kriteria Penilaian :
No
Nama Siswa
Proses Kerja Kelompok


Nilai Tes
( 70)
Nilai Akhir
(100)

1

2

3
Skor Sikap    (30)
































Keterangan:
1. Kemampuan kerja sama
2. Kemampuan komunikasi
3. Kemampuan menganggapi masalah
Dengan kreteria:          Baik     =  75 s.d 100
                                    Sedang            =  60 s.d  < 75 
                                    Kurang            =  0 s.d  < 60
Nilai Akhir  = (0.5 TF + 0.3 Dis + 0.2 Sosial)


                                                                                                                                               

Purwodadi, 22 Juli 2013
Guru Pembimbing




Najma Berry, S.Pd.
Mahasiswa Praktikan




Eka Putriana Zulaimah
Mengetahui
Kepala SMK Muhammadiyah Purwodadi



H. Hanad Zawawi, BA.
NBM. 491 133