SKENARIO MENGAJAR
A.
Pendahuluan
1. Mengucapkan salam dan
berdoa.
2. Memeriksa
presensi peserta didik.
3.
Menuliskan judul
di
papan tulis.
4. Menjelaskan secara
singkat materi
dan
kompetensi yang akan disampaikan yaitu :
a. Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
serta menentukan penyelesaian dengan rumus
jumlah dan hasil kali akar – akar persamaan kuadrat.
b. Menyusun persamaan
kuadrat jika akar–akarnya diketahui mempunyai hubungan dengan akar–akar
persamaan kuadrat lainnya.
B. Kegiatan Inti
Menyusun
Persamaan Kuadrat
a. Menyusun
Persamaan kuadrat yang akar–akarnya diketahui
Menyusun
persamaan kuadrat jika akar–akarnya
diketahui, misalnya x1 dan
x2 adalah akar–akar suatu
persamaan kuadrat, maka dengan proses kebalikan dari bagian terdahulu diperoleh
:
x = x1 atau x = x2
x – x1
= 0 atau x – x2 = 0
Hasil
kali keduanya adalah
(
x – x1 ) ( x – x2 ) = 0 ........ ( 1 )
Merupakan persamaan
kuadrat yang dicari. Dengan menggunakan sifat distributif bentuk tersebut dapat
di ubah menjadi
x2
– ( x1 + x2 ) x + x1. x2 = 0 ........ ( 2 )
Persamaan
( 1 ) adalah rumus menyusun persamaan kuadrat dengan perkalian faktor,
sedangkan persamaan ( 2 ) adalah rumus menyusun persamaan kuadrat dengan
menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar.
Contoh
:
Tentukan persamaan
kuadrat yang akar–akarnya – 1 dan 5.
Penyelesaian
:
a. Menggunakan
cara perkalian faktor dengan x1 =
– 1 dan x2 = 5
( x
– x1 ) ( x – x2
) = 0
( x – (– 1) ) (x – 5 ) = 0
( x
+ 1 ) (x – 5 ) = 0
x2
– 4x – 5 = 0
b. Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar dengan x1
= – 1 dan x2 = 5
Jumlah akarnya : x1 + x2
= – 1 + 5 = 4
Hasil kali akarnya : x1
. x2 = (– 1 ) x 5 = – 5
Jadi persamaan kuadrat
yang dicari :
x2
– ( x1 + x2 ) x + x1. x2 = 0
x2
– 4x + (– 5 ) = 0
x2
– 4x – 5 = 0
Soal
!
Tentukan persamaan
kuadrat yang akar–akarnya diketahui dengan menggunakan cara perkalian faktor
dan rumus jumlah dan hasil kali akar
a. –
3 dan 6
b. 2
dan 

c. 2
–
dan 2 +


b. Menyusun
persamaan kuadrat jika akar–akarnya diketahui mempunyai hubungan dengan
akar–akar persamaan kuadrat lainnya.
Jika
suatu persamaan kuadrat diketahui, maka kita dapat menyusun persamaan kuadrat
baru yang akar–akarnya saling berhubungan dengan akar–akar persamaan kuadrat
tersebut. Adapun cara yang dilakukan adalah :
a) Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar
Untuk menyusun
persamaan kuadrat dengan rumus jumlah dan hasil kali akar kita gunakan rumus :
x2
– ( α + β )x + α . β = 0
dengan α
dan β adalah akar – akar persamaan
kuadrat yang dicari. Dengan demikian kita harus menghitung dulu nilai α + β dan α . β
Contoh
:
Persamaan kuadrat x2 – 5x + 3 = 0 mempunyai akar–akar x1
dan x2. Susunlah persamaan
kuadrat yang akar–akarnya 2x1 dan 2x2
Penyelesaaian :
Dari persamaan x2 – 5x + 3= 0 diperoleh x1
+ x2 = 5 dan x1 . x2 = 3. Misalnya persamaan kuadrat yang dicari mempunyai
akar α dan β, maka persamaan kuadrat tersebut adalah x2 – ( α + β )x
+ α . β = 0
Maka :
α
+ β = 2x1 + 2x2 =
2( x1 + x2 ) = 2 (5) = 10
α
. β
= (2x1) (2x2) = 4x1
x2 = 4(3) = 12
Jadi persamaan kuadrat
baru yang dicari adalah x2
– 10x + 12 = 0
Soal
Persamaan kuadrat x2 – x – 3 = 0 mempunyai akar x1
dan x2. Tentukan persamaan
kuadrat baru yang akar–akarnya x1
– 1 dan x2 – 1 .
b) Dengan
teknik subtitusi
Untuk memahami cara
menyusun persamaan kuadrat dengan cara subtitusi, perhatikan contoh berikut :
Misalnya x1 dan x2 adalah akar–akar persamaan 2x2 – x – 4 = 0
dan persamaan kuadrat baru dalam y
mempunyai akar y1 dan y2 dengan y1 = x1 – 3 dan y2 = x2 – 3 . Jika indeksnya kita hilangkan maka diperoleh y = x – 3 atau x = y
+ 3. Karena x adalah akar
dari 2x2
– x – 4 = 0 maka kita subtitusikan x =
y + 3 ke
persamaan tersebut maka diperoleh persamaan kuadrat baru dalam yaitu
:
2 (y + 3 ) 2
– (y
+ 3 ) – 4 = 0
2 ( y2
+ 6y +9 ) – y – 3 – 4 = 0
2y2 + 12y +1 8 – y – 3 – 4 = 0
2y2 + 11y – 11
= 0 atau
2x2 + 11x –11=
0
Perlu diperhatikan
bahwa teknik subtitusi tidak selalu dapat digunakan untuk menyusun persamaan
kuadrat. Tapi rumus jumlah dan hasil kali akar selalu dapat digunakan.
C.
Penutup
1. Memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
2.
Peserta didik membuat rangkuman materi yang baru disampaikan.
3.
Berdoa dan memberi salam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar