Jumat, 15 November 2013

Silabus SMA 2.4

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : 
Mata Pelajaran          :  MATEMATIKA
Kelas / Program        :  X / UMUM
Semester                     :  GANJIL

Sandar Kompetensi  : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan   kuadrat.

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber / Bahan /
Alat

Teknik
Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen













2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksama-an kuadrat.

-  Penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.

-  Penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-  Menyusun persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya, yaitu dengan menggunakan perkalian faktor atau menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar.
-  Menyusun persamaan kuadrat yang akar- akarnya mempunyai hubungan dengan akar - akar persamaan kuadrat lainnya.
-  Mengenali persamaan- persamaan yang dapat diubah ke dalam persamaan kuadrat.
-  Menyelesaikan persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.

-   Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.

Tugas kelompok.

Uraian obyektif.

-  Akar-akar persamaan  adalah  dan . Persamaan kuadrat baru yang akar - akarnya
    dan  adalah.....

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 91-92, 92-93,  93-96.
 Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP


-  Diskriminan persamaan kuadrat.
-  Rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
-  Hubungan
   antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar.
-  Penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
-  Penyelesaian persamaan lain yang  berkaitan dengan persamaan kuadrat.



-  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan diskriminan persamaan kuadrat, rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang akar- akarnya diketahui,
   penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.



-  Menentukan penyelesaian soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan, rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui, penyelesaian persamaan  lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.

Ulangan harian.

Pilihan ganda.










Uraian  obyektif.

1. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya -5 dan 6 adalah.......
   a.                  
   b.   
   c.                  
   d.   
   e. 

2.   Fungsi kuadrat dengan persamaan
    
       akan merupakan definit positif,  jika nilai p adalah.......

2 × 45 menit



-  Penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri -ciri tertentu.



-  Menentukan persamaan kurva jika diketahui titik baliknya.
-  Menentukan persamaan kurva jika diketahui titik potongnya dengan sumbu X.
-  Menentukan persamaan kurva dari sebuah fungsi jika diketahui 3 titik yang dilalui parabola.


-  Menentukan persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat.


Tugas kelompok.

Uraian singkat.

Persamaan grafik pada gambar adalah .........

2 × 45 menit
Sumber:
Buku paket hal.       103-107.
Buku referensi lain.
Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar