SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Program : X / UMUM
Semester : GANJIL
Sandar Kompetensi : 2. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber / Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksama-an kuadrat.
|
- Penyusunan
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
- Penyelesaian persamaan lain yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
- Menyusun
persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya, yaitu dengan menggunakan
perkalian faktor atau menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar.
- Menyusun
persamaan kuadrat yang akar- akarnya mempunyai hubungan dengan akar - akar
persamaan kuadrat lainnya.
- Mengenali
persamaan- persamaan yang dapat diubah ke dalam persamaan kuadrat.
- Menyelesaikan
persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.
|
- Menyusun
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian
persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian obyektif.
|
- Akar-akar
persamaan
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 91-92, 92-93,
93-96.
Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Diskriminan persamaan kuadrat.
- Rumus
jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
- Hubungan
antara
koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar.
- Penyusunan
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
- Penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
|
|
|
- Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan diskriminan persamaan kuadrat,
rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara
koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat
yang akar- akarnya diketahui,
penyelesaian
persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
|
- Menentukan
penyelesaian soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan,
rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara
koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat
yang akar-akarnya diketahui, penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif.
|
1. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya -5 dan 6
adalah.......
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]()
2. Fungsi
kuadrat dengan persamaan
![]()
akan
merupakan definit positif, jika nilai
p adalah.......
|
2 × 45 menit
|
|
|
-
Penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri -ciri
tertentu.
|
|
|
- Menentukan
persamaan kurva jika diketahui titik baliknya.
- Menentukan
persamaan kurva jika diketahui titik potongnya dengan sumbu X.
- Menentukan
persamaan kurva dari sebuah fungsi jika diketahui 3 titik yang dilalui
parabola.
|
- Menentukan
persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian singkat.
|
Persamaan grafik pada gambar
adalah .........
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 103-107.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar